Artikel

BELAJAR BERSAMA COVID-19:REVIEW IMPELEMENTASI, TANTANGAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU-GURU SMP
  Diterbitkan oleh Ratni Purwasih on 2 years ago

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) serta tantangan apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam proses pembelajaran daring untuk guru sekolah menengah pertama dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Subjek penelitian ini adalah 28 guru matematika yang mengajar di berbagai sekolah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah wawancara dan kuisioner melalui google form.  Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam  penelitian  ini  berupa  angket  terbuka,  wawancara terstruktur dan  dokumentasi. Langkah-langkah penelitian meliputi  pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data dan  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru matematika dalam implementasi  pembelajaran menggunakan  berbagai flatform media sebagai alat bantu pembelajaran daring seperti google meet, google classroom dan E-learning;, respon siswa terhadap pembelajaran daring yaitu postif  serta pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala, baik dari aspek sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasinya.


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (68)
  • July 2021 (140)