Artikel

DINAMIKA MENJADI GURU HEBAT DI ERA MILENIAL
  Diterbitkan oleh Chandra Asri Windarsih on 2 years ago

https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1ZSW0PAIqDHlcf0b1D5hPuT4nBcD8O08y

DINAMIKA MENJADI GURU HEBAT DI ERA MILENIAL

1. Baby boomers aged 51-69, Generation X aged 36-50, generation Y aged 21-35, Generation Z aged 6-20 , Generation Alpha aged under 6

2. Bagaimana caranya?

3. Guru Hebat, memenuhi kualifikasi memiliki seluruh kompeensi pendidik.

4.KOMPETENSI PEDAGOGIK (kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik)

5. KOMPETENSI PROFESIONAL

Kemampuan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan

kemampuan dalam menguasai dan mengemas materi pelajaran sesuai tingkat perkembangan      kemampuan peserta didik serta jenjang dan jenis pendidikannnya.

6. Memiliki kompetensi Pedagogik yang dinamis. Artinya, dalam menjalani pengelolaan pembelajaran peserta didik, seorang guru harus memiliki keterbukaan terhadap teknik & metode pembelajaran.

Memiliki kompetensi Profesional yang progresif. Artinya, dalam melaksanakan profesinya seorang guru harus meningkatkan kemampuannya dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya

7. Kompetensi Sosial. Kompetensi kepribadian

Memiliki kompetensi Kepribadian yang kian matang. Artinya, dalam melaksanakan tugas kesehariannya, seorang guru harus secara aktif, mandiri, dan berkelanjutan mengembangkan kepribadiannya menuju terwujudnya pribadi paripurna

Memiliki kompetensi Sosial yang efektif.                  Artinya, dalam melaksanakan pergaulan sehari-hari, seorang guru harus terus-menerus mengasah kecakapan sosialnya di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat

8. Apa yang terpenting buat Guru dalam melaksanakan kegiatan Pembelajaran

  1. Menciptakan Suasana Pembelajaran yang memungkinkan siswa menyerap sebanyak-banyaknya materi yang guru sampaikan
  2. Mengembangkan kepribadian siswa secara utuh melalui pengembangan ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik mereka
  3. Memberikan pembelajaran kepada siswa sesuai dengan Target Kurikulum yang harus dituntaskan

9. Guru Inspiratif :  guru yang diterima dengan baik kehadirannya oleh para siswa karena kecakapan pengajaran (materi & metode) dan pendidikan (motivasi & inspirasi) yang dikuasainya

Guru Populis : guru yang diterima dengan baik oleh para siswa lebih karena kemampuannya menyenangkan para siswa, apakah karena ia orang yang humoris, akrab dengan para siswa, atau karena jarang marah.

10. Sosok guru inspiratif, guru yang kehadirannya dirindukan siswa.

11. Creative

12. Ciri-ciri guru inovatif

a. Berwawasan

b. Proaktif mempunyai inisiatif

c. Responsif, inovatif dalam menjalankan tugas

d. Berupaya mencari idea baru dan melaksanakan ide tersebut.

e. Mempunyai pengeahuan dan kemahian tinggi.

f. komunikasi yang berkesan.

 

13. Menjadi guru adalah rahmat, maka aku mendidik tulus penuh syukur.

14.  Menjadi guru adalah amanah, maka aku mendidik benar penuh tanggung jawab

15. Menjadi guru adalah panggilan, makaaku mendidik tuntas penuh integritas

16. Menjadi guru adalah aktualisasi maka aku mendidik penuh semangat

17. Menjadi guru adaah ibadah maka aku mendidik serius penuh rasa kecintaan

18. Menjadi guru adalah seni, maka aku mendidik cerdas penuh kreativitas

19. Menjadi guru adalah kehormatan, maka aku mendidik tekun penuh keunggulan

20. Menjadi guru adalah bakti, maka aku mendidik dengan kerendahan hati.


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (68)
  • July 2021 (140)