Artikel

harus dipahami bahwa kekeliruan dan kesalahan dalam berbahasa itu berbeda !
  Diterbitkan oleh Latifah on 2 years ago

a.       Kekeliruan disebabkan oleh faktor performansi, kekeliruan ini bersifat acak (dapat terjadi pada setiap tataran linguistik) à bisa diperbaiki

b.      Kesalahan disebabkan oleh faktor kompetensi artinya memang belum memahami sistem linguistik bahasa yang digunakan, kesalahan terjadi secara konsisten/ kesalahan bisa berlangsung lama apabila tidak diperbaiki Kekeliruan disebabkan oleh faktor performansi, kekeliruan ini bersifat acak (dapat terjadi pada setiap tataran linguistik) à bisa diperbaiki

Kesalahan disebabkan oleh faktor kompetensi artinya memang belum memahami sistem linguistik bahasa yang digunakan, kesalahan terjadi secara konsisten/ kesalahan bisa berlangsung lama apabila tidak diperbaiki

 

Kategori sudut pandang

 

Kesalahan

 

Kekeliruan

1.      Sumber

2.      Sifat

3.      Durasi

4.      Sistem linguistik

5.      Hasil

6.      Perbaikan

Kompetensi

Sistematis

Agak lama

Belum dikuasai

Penyimpangan

Dibantu oleh guru; latihan, pengajaran remedial

Performansi

Tidak sistematis

Sementara

Sudah dikuasai

Penyimpangan

Siswa sendiri pemusatan perhatian

 

c. Tujuan anakes bersifat aplikatif yaitu memperbaiki dan mengurangi kesalahan berbahasapara siswa “ teoritis-aplikatif”, bila hal itu dilakukan dengan meminta siswa mengutarakan maksudnya dalam bahasa ibu maka cara ini disebut “rekontruksi otoritatif” apabila karena sesuatu sebab siswa tidak dapat berkonsultasi  dan meneliti hanya menyandarkan pemahamannya kepada maksud atau sistem linguistik siswa maka cara ini dinamai “rekonstruksi akal sehat”

Tugas anakes menjelaskan serta menggambarkan sistem linguistik komparatif/menjelaskan serta menggambarkan sistem linguistik bahasa siswa dan membandingkannya dengan sistem linguistik B2 yang dipelajarinya

Pengertian kesalahan

Dipandang dari kaca mata guru yang mengukur penampilan siswa dengan norma bahasa yang dipelajari

Perbedaan antara kesalahan dan kekeliruan

Kekeliruan disebabkan oleh faktor performansi (melafalkan bunyi bahasa, kata, urutan kata, tekanan kata atau kalimat

Kesalahan disebabkan oleh faktor kompetensi (siswa memang belum memahami situasi linguistik bahasa yang digunakan)


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (68)
  • July 2021 (140)