Artikel

Kiat Mendidik Anak Melejitkan Potensinya
  Diterbitkan oleh Chandra Asri Windarsih on 2 years ago

 

Kiat Mendidik Anak Melejitkan Potensinya

Apa itu ….POTENSI ANAK ???

Lingkungan memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian, dan pengembangan kemampuan anak secara optimal. Lingkungan baik untuk merangsang pertumbuhan otaknya,

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Melejitkan kecerdasan dan Potensi Anak

1. Motivasi, Cara orang tua untuk memberi semangat kepada anak agar mereka mau belajar, karena tanpa hal tersebut maka anak akan menjadi pribadi mudah menyerah dan putus asa sehingga anak menjadi malas untuk belajar.

2.IQ, Kemampuan seorang anak untuk belajar menggunakan kepintaran otak kiri dan kanannya. Setiap anak mempunyai IQ yang berbeda tergantung dari latihan-latihan dan kemampuan otaknya untuk menyerap pelajaran yang masuk.

3. EQ, Kemampuan seorang anak untuk mengusai dirinya dan dapat mengendalikan emosi sehingga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungannya.

4. Kecrdasan Visual, Kemampuan seorang anak untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk kreatifitas

5. Faktor lingkungan, Peran orang tua dalam memberikan latihan-latihan dan lingkungan yang mendukung jauh lebih penting dalam menentukan perkembangan kecerdasan seorang anak. Factor genetik hanya menyumbang 48% dalam membentuk IQ anak. 52%  faktor lingkungan.

6. Kecerdasan berkomunikasi, Melatih anak dalam berkomunikasi yang baik dapat membuat anak belajar dan berani dalam menuangkan pikiran dan gagasanya dalam bentuk kata-kata, sehingga dapat melatih anak memiliki kepercayaan diri bila bicara di depan umum. 

7. Makanan bergizi, Anak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan stimulasi yang tepat. Nutrisi yang tepat seperti karbohidrat sebagai sumber energi untuk beraktivitas, lemak untuk melindungi organ tubuh, protein untuk pertumbuhan sel dan mengganti sel yang rusak, vitamin dan mineral untuk menunjang pertumbuhan fisik, serta DHA untuk meningkatkan kecerdasannya.

8. Membaca, Buku adalah jendela pengetahuan, Kenalkan buku sejak dini. Bacakan buku cerita dengan menarik.Bumbui dengan gerakan-gerakan tubuh yang berekspresi. Menyediakan bacaan yang memadai dan mengatur suasana rumah.

9. Kemampuan Bersosialisasi, Bergaul dengan teman-temannya anak melatih kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan orang sehingga medapat mendukung keberhasilannya di masa depan.

10. Kecerdasan perilaku, Seorang anak yang diajarkan untuk berperilaku yang baik dan sopan juga melatih anak untuk menghormati dan menghargai orang lain sehingga anak menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang-orang disekitarnya.

“If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales.”

Lima Langkah melejitkan potensi anak.

1. Sadari arti pentingnya BAKAT

2. Kenali bakat apa yang dimiliki anak-anak kita

3. Ungkapkan pada anak ide-ide tentang aktivitas/karya yang sesuai dengan bakat yang dimiliki anak kita tadi

4. Dorong dan dampingi anak-anak untuk beraktivitas/karya sesuai bakatnya

5. Monitoring dan evaluasi perkembangan aktivitas/karya dari bakat anak-anak.

CARA MENGENALI POTENSI ANAK

- Memberikan Wawasan Yang Luas

- Amati Perkembangan Anak

- Lakukan Tes Bakat

- Tidak Memakasakan Kehendak Orang Tua


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (68)
  • July 2021 (140)