Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi mahasiswa melalui pembelajaran diskursus multi representasi (DMR). Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretset-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung yang mengikuti mata kuliah metode pembelajaran matematika sekolah SD pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas, yaitu: A1, A2 dan A3. Sampel penelitian dipilih 2 kelas dari populasi penelitian, terpilih kelas A2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 orang mahasiswa dan kelas A1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan terhadap gain hasil tes kemampuan mahasiswa mata kuliah metode pembelajaran matematika sekolah SD. Sedangkan analisis skala disposisi matematis mahasiswa menggunakan Microsoft Excel 2010. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrumen berupa tes uraian dan skala disposisi. Analisis penelitian menggunakan uji perbedaan rata-rata mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang mendapat pembelajaran DMR lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional; dan (2) Disposisi matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan DMR lebih baik daripada mahasiswa dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan konvensional..
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/1358