Artikel

Pengembangan bahan ajar konsep diferensial berbasis konflik kognitif
  Diterbitkan oleh Wahyu Setiawan on 2 years ago

Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas dan kepraktisan bahan ajar berupa RPP dan LKS yang mampu mengembangkan kemampuan penalaran siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development /R&D) dengan desain bahan ajar (prototype), pedoman wawancara (indepthinterview), lembar observasi, dimana subjeknya adalah siswa sekolah SMA di salah satu SMA di kota Cimahi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes diagnostik, tes evaluasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian terdiri dari tiga aspek. Pertama aspek kevalidan: penilaian validator terhadap produk yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid untuk RPP dan TKM, sedangkan untuk LKS memenuhi kriteria valid. Kedua aspek kepraktisan menurut penilaian guru dan siswa: RPP, LKS, dan TKM secara keseluruhan memperoleh kriteria praktis dan cukup praktis. Ketiga aspek keterlaksanaan pembelajaran: proses pembelajaran pada pertemuan kedua dan ketiga telah mencapai persentase kriteria 70,56% dengan kriteria cukup praktis.


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (68)
  • July 2021 (140)