Artikel

PENTINGKAH SERAGAM SEKOLAH ?
  Diterbitkan oleh Cynantia Rachmijati on 4 months ago

Seminggu terakhir ini, muncul hal yang menghebohkan bahkan viral,  dimana munculnya pendapat seorang anak SMK yang cukup kritis mengenai betapa tidak pentingnya seragam sekolah dan betapa tidak perlunya ada kedisiplinan dan keseragaman. 

Apakah benar demikian?.

Anak SMK tersebut, Rafi, dikutip dari artikelnya yang berjudul “Sekolah dan ilusi kedisiplinan” ( https://omong-omong.com/sekolah-dan-ilusi-kedisiplinan/) menyatakan bahwa berbagai peraturan untuk siswa seperti misalnya tidak boleh terlambat, tidak boleh memiliki rambut panjang, harus mengenakan seragam hanya bentuk ilusi penindasan tanpa ada alasan yang jelas. Rafi juga berpendapat bahwa semua aturan tersebut hanyalah sekedar agar sekolah bisa menekan dan mengatur siswa. Padahal siswa juga punya hak untuk mengkritik.

 

Dalam sebuah wawancara yang kini viral di media Twitter, Rafi juga menyatakan bahwa apabila sekolah berhak menentukan peraturan-peraturan yang tidak jelas maka siswa juga berhak untuk memberikan kritik atas peraturan-peraturan tersebut.

Rafi, dan pandangan filsafatnya yang idealis, tidaklah salah.

Tapi tentu tidak tanpa alasan mengapa pemerintah menetapkan adanya seragam sekolah.  Bahkan hal tersebut juga tertuang dalam SKB 3 Menteri pada tanggal 3 Februari 2021 mengenai betapa pentingnya seragam untuk para siswa.

 

Selain tertulis dalam aturan pemerintah, ini adalah beberapa alasan pentingnya penggunaan seragam sekolah seperti dikutip dari https://sites.google.com/site/brahard87/seragam-sekolah, antara lain :

1. Melatih kedisiplinan siswa

Bentuk sederhana dari disiplin adalah mematuhi pakaian yang sesuai dengan ketentuan. Misalnya hari Senin untuk baju seragam upacara, hari Selasa untuk pakaian pramuka, hari Jumat untuk seragam batik dan lain sebagainya.

2. Meminimalisir kesenjangan sosial

Dengan adanya seragam dan pakaian yang sama, siswa-siswa tidak perlu mengeluarkan dana lebih (atau sangat lebih) untuk pakaian seragam karena semuanya mengenakan pakaian yang sama. Tidak ada yang lebih mewah atau lebih murah dibandingkan yang lain karena semuanya sama.

3. Sebagai identitas sekolah

Selain mewujudkan rasa persatuan antar sesama, seragam juga erat digunakan sebagai identitas. Merah putih perlambang sekolah SD, putih biru sebagai perlambang sekolah SMP, putih abu abu perlambang SMA dan lain sebagainya. Dengan menggunakan seragam, maka identitasnya juga jelas.

Memang masalah seragam sekolah ini selalu menjadi pro dan kontra. Namun pada dasarnya, seragam digunakan untuk mempermudah. Bahkan Thailand saja menerapkan seragam hingga tingkat kuliah.

Pendapat Rafi ini baik, hanya tidak mungkin bisa membebaskan semuanya tanpa aturan.

Mengutip Henry Adams yang menyatakan “Chaos was the law of nature and order was the dream of the man”. Maka peraturan ada dan ditegakkan untuk menghindari kekacauan dan menciptakan ketertiban. 

 


Berlangganan di Blog CLS IKIP Siliwangi
Arsip
  • July 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • March 2022 (3)
  • February 2022 (1)
  • January 2022 (44)
  • December 2021 (1)
  • August 2021 (76)
  • July 2021 (140)