https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1ZSW0PAIqDHlcf0b1D5hPuT4nBcD8O08y
PENTINGNYA PAUD YANG KREATIF & INOVATIF UNTUK MENSTIMULUS KECERDASAN ANAK USIA DINI
1. Kreatif adalah memiliki daya cipta, mempunyai kemampuan untuk mencipatakan, mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
2. Inovasi merupakan pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia
3. Macam kecerdasan, Musikal, logic mathematika, interpersonal, intrapersonal, bodily kinesthetic, spatial, linguistik, moral.
4. Bagaimana caranya
5. Tahap perkembangan
6. Dunia anak adalah dunia bermain
7. Menciptakan kegembiraan dalam bermain akan akan membuat anak senang. Kesenangan anak dalam bermain akan secara perlahan menumbuhkan benih kreativitas
8. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan berimajinasi Kemampuan berimajinasi inilah yang merupakan benih tumbuhnya kreativitas
9. Dalam bermain, anak mempunyai kesempatan melakukan eksplorasi guna memenuhi rasa ingin tahunya. Anak bebas mengekspresikan gagasan khayalan &imajinasinya
10. Anak-anak yang pada masa lalunya kekurangan waktu bermai, berdampak pada anak-anak hari ini. Selama beberapa dekade trakhir jumlah waktu bermain telah berkurang banyak, baik di sekolah maupun dirumah
11. Memberikan anak-anak waktu untuk bersosialisasi, menanamkan kebaikan sebagai upaya pembenukan karakter lebih baik lagi dilakukan untuk melengkapi nilai cemerlang anak di sekolah. Melalui kehidupan nyata anak-anak akan lebih banyak belajar bersikap untuk bekal hidup dimasa mendatang.
12. Guru PAUD menghadapi anak-anak generasi alpha yaitu generasi yang secara materiil paling berkah layar dan melek teknologi mereka lahir dari orang tua penduduk asli digital (digital native), maka PAUD kini dan nanti perlu fokus pada KREATIF & INOVATIF
13. Kompetensi anak kreatif dan inovatif
Bertanya dan menguji jawaban pasti
Membuat hal baru dan asli
Bermain dan bereksperimen
Mengenali kemungkinan perubahan
Melihat sesuatu secara berbeda
Melihat kombinasi yang tak terduga
Mampu mengatur diri
Percaya diri untuk kreatif
Mengambil risiko secara bertanggungjawab
14. Kegiatan Kreatif
Proses afektif (IMAJINASI, fantasi, angan-angan, cita- cita, kesenangan dan tantangan dalam bermain dan belajar)
Semangat menyelesaikan tugas
Menoleransi kecemasan atau ketidakpastian
Kemampuan kognitif seperti mampu berpikir berbeda Mengubah pola yang lazim secara bertanggungjawab
Menyusun cara baru
Motivasi
Minat Usaha
Peluang
Ketekunan
15. Apa yang dimaksud dengan STEAM ( Science, Technology, Engineering., Arts, Mathematics)
16. 4 K ( Kritis, Kreatif, Kerjasama, Komunikatif)
17. Mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekeliling mereka melalui mengamati, menanya, menyelidiki
18. Ciptakan Steamy Learning Environment (explore materials dengan berbagai indera., dorong rasa ingin tahu anak. dorong untuk bertanya).
19. Kegiatan STEAM di PAUD
Bermain dan belajar:Pembelajaran kreatif sesuai kurikulum PAUD yang berbasis saintifik;
membuat APE perahu daur ulang plastik, mitigasi dan pemahaman dan pencegahan bencana melalui pemodelan simulasi banjir, longsor, gunung api dan tsunami; serta memilih dan membacakan buku bagi anak usia dini;
Menyusun rencana pembelajaran berbasis bermain secara kreatif dan pembelajaran kreatif literasi usia dini
Melaksanakan mikro teaching pembelajaran berbasis bermain secara kreatif dan pembelajaran kreatif literasi usia dini
Melaksanakan pembelajaran berbasis bermain secara
kreatif dan pembelajaran kreatif literasi usia dini di PAUD
masing-masing dengan pendampingan
Membuat pajangan/display hasil karya
20. Jika anda ingin anak anda berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang anda katakan tentang mereka kepada orang lain ( DR. Haim Ginott)
21. Ibu hebat bukan ibu yang tidak pernah salah, Ibu hebat adalah bu yang selalu belajar untuk memperbaiki diri.
22. Terima kasih.