Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan teori penelitian desain dalam pendidikan matematika yang meliputi: Tren Penelitian Pendidikan Matematika; Pengantar Design Research sebagai suatu inovasi dalam pendekatan penelitian; Metode Penelitian Design Research yang meliputi: Definisi, Tujuan dan Produk Penelitian Design Research, Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Local Instruction Theory (LIT); Design Research dalam Penelitian Pendidikan Matematika yang memuat: Melakukan pendesainan pembelajaran penelitian pendidikan matematika, Menentukan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pendidikan matematika, Menentukan waktu, subjek, dan tempat penelitian (implementasi), Mengetahui teknik pengumpulan dan analisis data penelitian menggunakan metode penelitian design research, Mengetahui hasil penelitian Design Research; Pembelajaran Berbasis Penelitian Pendidikan Matematika yang memuat: Menjelaskan definisi model pembelajaran berbasis penelitian, Mengetahui tahapan model pembelajaran berbasis penelitian, Menguraikan elemen pendukung model pembelajaran berbasis penelitian, Menentukan ciri khas model pembelajaran berbasis penelitian, Menjelaskan teori-teori belajar yang mendasari model pembelajaran berbasis penelitian, Mengklasifikasikan peran sivitas akademika dalam implementasi model pembelajaran berbasis penelitian; Implementasi Design Reseach dalam pembelajaran operasi bilangan (Studi Kasus) yang memuat: Pembuatan desain pembelajaran operasi bilangan, Penentuan waktu, subjek, dan tempat penelitian, Implementasi fase preliminary design dan teaching experiment, Penentuan teknis analisis data penelitian dalam penelitian design research, yaitu analisis retrospektif; Implementasi Design Reseach dalam pembelajaran berbasis penelitian pendidikan matematika (Studi Kasus) yang memuat: Membuat Preliminary Design (Desain Pendahuluan), Melakukan percobaan pengajaran (Siklus 1), Membuat kesimpulan percobaan pengajaran, Melakukan pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Melakukan percobaan rintisan (Siklus 2), Melakukan analisis retrospektif terhadap seluruh data yang telah dikumpulkan untuk menghasilkan Local Instuction Theory (LIT) dalam Penelitian Pendidikan Matematika.