Perkuliahan

Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia

Bidang Ilmu
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
110 Ulasan


Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Kajian Isu-isu Global Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang mengkaji impilkasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia. Fokus utama dalam mata kuliah ini adalah permasalahan-permasalahan hasil penelitian bahasa Indonesia dengan referensi utama jurnal penelitian atau materi konferensi.

Kurikulum

Orientasi Perkuliahan
Hakikat Isu Global dalam pembelajaran dan pendidikan
3 Pages
Bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan
4 Pages
Literasi dan permasalahannya
High Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran bahasa Indonesia
4C dalam pembelajaran bahasa Indonesia
Strategi kreatif-inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia
Penilaian pembelajaran bahasa Indonesia dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia
Ujian Tengah Semester
Perkembangan dan studi bahasa Indonesia di luar negeri dan BIPA
3 Pages
Politik bahasa nasional
Optimalisasi peran media massa dalam pembelajaran bahasa Indonesia
Peran bahasa Indonesia dalam pembangunan karakter
Kajian pembelajaran bahasa Indonesia dalam jurnal ilmiah
Ujian Akhir Semester

Ulasan

SP
1 year ago
Surbekti Pratiwi

Banyak pengalaman suka dan duka dalam belajar daring. Suka nya itu tetap belajar dirumah selalu kumpul dengan keluarga kalau duka nya terkadang pembelajaran daring terhambat oleh sinyal tetapi Saya sangat senang dengan belajar daring ini dosen nya cekatan memberi materi nya baik lisan maupun berbentuk file yang dibagikan agar mahasiswa cepat paham apa yang disampaikan oleh dosennya..

AN
1 year ago
Alifah Nur Rahmah Koswara

Selama mengikuti mata kuliah ini saya merasa tidak ada unsur keterpaksaan[menegangkan], tapi saya merasa cukup santai namun terkadang saya memang kurang paham maksud pembahasannya. Selebihnya pak restu membantu saya memahami materi yang disampaikan teman-teman. Terima kasih😊

LH
1 year ago
Lina Hardiyanti

Pembelajaran daring/online merupakan pembelajaran yang yang mungkin baru tahun-tahun ini kita alami karna suatu kondisi yang mengharuskan kita belajar dirumah tatap muka menggunakan media maya. Pembelajaran daring ini membawa kita pada sebuah pengalaman baru yang biasanya kita terbiasa tatap muka secara langsung, tetapi dengan daring kita diharuskan lebih kreatif, inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kekurangan maupun kelebihan belajar daring salah satu kekuranagan saat kita dihadapkan pada situasi kuota habis, signal yang terkadang membuat pembelajaran terhambat. Kelebihan pembelajaran daring kita lebih kreatif bisa mengenal lebih banyak aplikasi pembelajaran, bisa dilaksanakan dimana saja dan masih banyak lagi. Pada pembelajaran daring ini saya cukup antusias dengan segala kekurangan dan kelebihan apalagi kekuranagn tersebut bisa diatasi dengan cepat oleh dosen-dosen disetiap matakuliahnya sehingga segala kendala bisa dapat teratasi dengan mencari jalan keluarnya bersama.

PF
1 year ago
Putri Fiqriani Nurromdon

Selama mengikuti pembelajaran daring mata kuliah ini, banyak pengetahuan yang bisa di dapatkan, selain dari kelompok yang persentasi juga ditambahkan pengetahuan yang dibagikan dari bapak, tetapi terkadang pembelajarannya terpotong karena jaringan yang kurang stabil.

HS
1 year ago
Himayatu Sofiah

Terima kasih, Pengalaman belajar dengan bapak sangat menyenangkan, tentunya menarik dan seru sekali saat perkuliahan berlangsung. Walaupun pembelajaran daring tidak menurunkan semangat untuk terus belajar apalagi suasana pembelajaran yang bagi saya itu sangat seru, menarik dan tentunya selalu mengupas tuntas mengenai isu yang sedang tren. Selama pembelajaran daring, mata kuliah ini insyaalloh dapat dipahami, karena dengan adanya media pembelajaran yang sangat menarik dan kreatif tentunya.

NA
1 year ago
Nahdia Aulia Nur Anggraini

Selama pembelajaran berlangsung saya mendapatkam ilmu baru dan juga pengalaman baru, dan lumayan saya pahami dibantu dengan penjelasan Bapak yang cukup dimengerti mulai dari penyampaian dengan bahasa yang mudah dipahami. Terdapat penambahan poin sehingga dapat menghidupkan suasana pembelajaran membuat pembelajaran menyenangkan. Terima kasih

EO
1 year ago
Elma Oktamara

Selama Belajar daring dengan di mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, sangat mengesan karena dosen yang cekatan, dan materi yang disampaikan cukup bisa dipahami. materi diberikan secara lisan dan tulisan menjadi pemahaman untuk siswa belajar terutama bagi saya, ketika ada ketidakjelasan dimateri tulisan yang menjadi bahan ajar, disitu dosen atau teman yang presentasi menjelaskan lagi secara lisan, sukanya belajar daring bisa sambil berkumpul bersama keluarga bisa belajar didalam rumah, dukanya tidak bisa bertemu secara langsung dengan dosen maupun teman.

IA
1 year ago
Inayatul Amilah

Alhamdulillah, selama saya mengikuti perkuliahan mata kuliah ini banyak sekali belajar hal-hal baru, terutama saya dapat ilmu dan pengalaman baru. Diskusinya selalu menarik, dan membuat saya jadi belajar untuk berusaha lebih kreatif dan berpikir kritis. Tentu dalam proses pembelajarannya juga ada kelebihan dan kekurangan, saya kadang merasa kesulitan untuk paham. Namun itu bisa diatasi. Melalui mata kuliah ini juga sangat memberikan banyak kesempatan untuk mahasiswa mengutarakan pendapatnya, baik di zoom ssecara langsung atau pun melalui google classroom. Terima kasih..

SN
1 year ago
Siti Nurhasanah

Saya pribadi sebagai mahasiswa menyukai semua matkul, namun khusus pada matkul ini saya sangat senang dan berterimakasih kepada bapak dosen karena saya mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya mungkin saya belum tahu, semoga ilmu yang saya dapatkan pada matkul ini dapat bermanfaat baik bagi saya sendiri juga bagi orang lain, semoga berkah untuk ilmu yang telah bapak dosen ajarkan.

FS
1 year ago
Fitria Sulistia Anggraeni

Sebelumnya, Saya mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu bapak Restu Bias Primandhika, S.Pd yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat kepada kami. Selama pembelajaran daring mata kuliah ini banyak kelebihan dan kekurangannya, dengan adanya pembelajaran mata kuliah ini saya lebih mengetahui permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam Bahasa Indonesia serta pengembangan dan implementasi ilmu pengetahun dalam bidang pendidikan Bahasa Indonesia.

SR
1 year ago
Siti Rofi'a Darojat

Banyak hal yang didapat dan bermanfaat dari mata kuliah ini, selain dari materi yang diberikan via ppt/presentasi terdapat pula materi yang Bapak sampaikan. Mau itu berhubungan dengan mata kuliah atau di luar mata kuliah. Selama mengikuti perkuliahan ini cukup menarik, terkadang menegangkan namun ada sisi bosannya juga, terlebih karena gangguan sinyal, kuota dan lain sebagainya.

MA
1 year ago
Mutiara Agustin

Selama mengikuti mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini sungguh sangat memberi kesan dan pengalaman baik kepada saya. Karena itu saya dapat berpikir kritis dan tentunya saya mempunyai pengalama baru. Saya ucapkan Terimakasih banyak untuk bapak atas bimbingan yang telah bapak berikan kepada kami.

J
1 year ago
Jalaludin

Assalamu'alaikum mohon izin. Menurut saya perkuliahan ini sangat menantang dan dituntut untuk berfikir kritis, mempunyai keterampilan, dan metatih daya berfikir yang benar. Dan perkuliahan ini pula menurut saya perkuliahan yang paling menantang diantara matkul yang lain karena cara mengajar dan belajarnya yang berbeda sehingga menuntut mahasiswa untuk tidak berleha-leha, dapat memanfaatkan waktu supaya lebih efektif dan efisien. Masukannya Jangan Terlalu banyak tugas atau sesuatu yang harus dikerjakan sehingga membuat mahasiswa menjadi jenuh karena dapat berimbas kepada matkul yang lainnya. Standar pemberian tugas sesuai level mahasiswa agar pengerjaan dapat dilakukan dengan baik jika terlalu sulit maka akan menghambat.

NA
1 year ago
Nur Ajijah

Selama mengikuti mata kuliah Isu-isu global ini cukup menyenangkan karena bapak sendiri selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan statement yang luas atas apa yang dipahami oleh mahasiswa. Dan bapak pun selalu memberikan attention dan juga reward berupa nilai tambahan kepada mahasiswa yang berani berargumen, hal itu yang menjadi pemicu mahasiswa untuk berpikir kritis serta lebih giat membaca atas isu isu yang akan di pelajari. Terima Kasih.

SN
1 year ago
Siti Nurfauziah Miftahul Janah

Dalam mata kuliah ini banyak ilmu yang didapat yang belum diketahui sehingga menambah wawasan baru khususnya mengenai bahasa yang nantinya akan bermanfaat juga untuk mengajar. Selama mengikuti mata kuliah ini sangat interaktif karena dengan cara mengajar yang bapak dosen berikan membuat mahasiswa lebih aktif dan berpikir kritis.

RR
1 year ago
Rosa Rita

Dari pembelajaran mata kuliah ini saya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang sebelumnya belum saya ketahui. Metode pembelajaran dalam mata kuliah ini pun menurut saya menyenangkan dan tidak membosankan karena mahasiswa tidak hanya menyimak materi yang disampaikan dosen saja tapi diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing. Dalam mata kuliah ini juga meskipun perkulihan secara daring mahasiswa diberi kesempatan untuk tetap berkreasi membuat video untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Terima kasih pak atas ilmu dan bimbingannya selama satu semester ini,semoga bapak sehat selalu.

SM
1 year ago
Salwa Muthia Ajra

Alhamdulillah bagi saya, mata kuliah ini cukup menyenangkan dan nyaman. Walaupun terkadang saya masih kurang memahami pembahasan, tetapi Alhamdulillah saya bisa mengetahui apa yang sebelumnya saya belum ketahui. Terima kasih banyak bapak atas pembelajaran dan pengetahuan yang telah bapak jelasnya, sangat bermanfaat sekaliπŸ™

IM
1 year ago
Ima Madaniah

Terbiasa dengan teori belajar behavioristik selama pelajaran daring, membuat kebiasaan belajar mengalami kemunduran. Lagi-lagi terbiasa menelan mentah-mentah apa yang disampaikan dosen dan disuapi materi terus-terusan. Namun mata kuliah ini tetap menuntun mahasiswa untuk berpikir kritis, mengajukan pendapat berdasarkan sudut pandang masing-masing namun masih diawasi atau dikawal oleh dosen pengampu.

IS
1 year ago
Ismi Saumi Alawiah

Sangat disayangkan karena mata kuliah seseru ini harus di laksanakan secara daring, tetapi meskipun begitu pembelajaran ini berhasil menelan konsep membosankan perkuliahan daring. Seperti yang teman-teman telah ungkapkan, mata kuliah ini membebaskan mahasiswa untuk beropini dan berpikir kritis ditengah masa-masa daring yang cukup menyiksa. saya rasa ketika mengikuti mata kuliah ini saya merasa tertantang mencari hal baru.

HH
1 year ago
Hana Hanifah Khairiyah

Pada mata kuliah ini, saya pribadi banyak mengetahui hal baru yang sebelumnya belum saya ketahui. Pembelajarannya cukup menyenangkan karena mahasiswa bebas memberikan pendapat. Mahasiswa juga jadi tergerak untuk berpikir kritis karena membahas tentang isu-isu global. Pembawaan Pak Restu dalam menjelaskan materi juga santai sehingga mahasiswa ikut santai dan tidak tegang.

ST
1 year ago
Sophia Trilaksono

Selama mengikuti pembelajaran daring khususnya dalam mata kuliah ini, saya mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya tidak saya ketahui. Sehingga wawasan lebih bertambah luas, ilmu pun bertambah. Metode dan model pembelajaran yg digunakan juga menyenangkan dan mudah dipahami sehingga tidak mudah bosan. Namun menurut saya pembelajaran offline dirasa lebih efektif karena dapat berdiskusi langsung secara tatap muka dengan dosen, teman-teman. Serta kendala dan hambatan yg dialami juga tidak terlalu banyak. Terimakasih πŸ™

YA
1 year ago
Yasinta Ayu Listanty

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana mahasiswa diharuskan untuk berpikir mandiri, kritis, dan kreatif. Di sini mahasiswa dibebaskan untuk berdiskusi serta mengajukan pendapat berdasarkan sudut pandang masing-masing, dibantu oleh dosen pengampu. Namun, dikarenakan perkuliahan dilaksanakan secara daring, terkadang sistem diskusi yang diterapkan selama pembelajaran ini menghambat beberapa mahasiswa yang terkendala koneksi internet, perangkat elektronik yang kurang memadai, maupun kuota internet. Apabila pembelajaran ini dilaksanakan secara offline, bisa dipastikan sistem diskusi ini akan berjalan lebih efektif. Terima kasih.

AS
1 year ago
Almi Saula

Selama mengikuti mata kuliah ini,banyak pengalaman dan wawasan baru yang saya dapat dari pembelajaran daring ini. Walaupun pembelajaran daring sering terhambat dengan jaringan tapi saya tetap senang karena dosen yang mengajar nya pun cekatan dengan memberi materi yang baik secara lisan maupun tulisan-tulisan yg berbentuk file, yang dibagikan kepada mahasiswa agar lebih paham atas materi yang di telah sampaikan.

YN
1 year ago
Yeni Nur'aeni

Pengalaman belajar perkuliahan daring ini banyak sekali suka duka dan pengalaman dalam perkuliahan daring ini walaupun kadang terkendala oleh jaringan, namun walaupun demikian saya tetap senang belajar dengan dosen pengampu bapak restu karena cara mengajarkan beliau mudah dipahami dengan materi yang disampaikan. Terimakasih banyak bapak atas ilmu-ilmu yang telah diberikan πŸ™πŸ˜Š

AI
1 year ago
Ayuni Irfana Utami

Materi yang diberikan cukup dipahami, tidak ada kesulitan yang besar

PA
1 year ago
Puji Astuti Shohheh

Alhamdulillah melalui mata kuliah ini saya mendapat banyak pembelajaran. Khususnya dalam menelaah sebuah artikel, membedakan artikel dengan jurnal, dan belajar memparafrasekan sebuah artikel kedalam sebuah tulisan. Selama menjalani pembelajaran saya merasa senang, karena melalui pelajaran ini membantu saya melatih konsentrasi dan berpikir secara kritis dan analitis. Belajar mengungkapkan pendapat yang belandaskan alasan yang tepat dan dibantu fakta. Memberikan gambaran ketika nanti akan mencari sumber untuk menyusun skripsi atau sebuah artikel penelitian. Mengenali isu-isu global mengenai pembejaran ataupun bahasa Indonesia itu sendiri, sehingga menambah wawasan mengenai bahasa Indonesia baik secara nasional maupun internasional. Terima kasih pak, atas pembelajaran yang sangat menarik ini, semoga apapun yang bapak ajarkan pada kami dapat menjadi manfaat yang baik bagi kami semua. Aamiin.

L
1 year ago
Lisna Sayyidah

Pengalaman selama saya mengikuti perkuliahan daring pada mata kuliah ini ialah saya menjadi tahu perihal isu-isu dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dibahas dalam pembelajaran daring ini melalui video yg ditampilkan oleh masing-masing kelompok. Kita sebagai mahasiswa di perkenankan untuk mengkajinya sehingga dapat menarik kesimpulan dari permasalahan yang terjadi serta dapat mencari solusi. Walaupun pembelajarannya dilaksanakan secara daring, namun mata kuliah ini sangat berkesan karena dalam pembelajarannya mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dan berpikir kritis terhadap isu-isu kajian bahasa yang terjadi.

R
1 year ago
Rina

Selama melakukan pembelajaran daring dan termasuk pada mata kuliah isu isu global, banyak ilmu yang saya dapatkan, yaitu materi yang bapak sampaikan mudah dipahami karna dosen sering memberi materi yg jelas secara lisan, dan sering memberi file file tertulis setiap pertemuan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan. Suka dukanya pembelajaran daring pada saya sendiri yaitu, suka karna banyak waktu dengan keluarga, dan hemat biaya karna tidakk mengeluarkan ongkos dan uang jajan. Dukanya karna terkadang sinyal yang tidak memadai, dan terkadang mudah mengantuk. tetapi selama kuliah, saya sering mencari tempat yang sinyalnya lumayan bagus agar dapat menyimak pembicaraan dosen dengan lancar.

RF
1 year ago
Rika Fitri Andriani

Setelah mempelajari mata kuliah Isu-Isu global bahasa dan sastra indonesia, saya sedikitnya memahami isi materi yang di sajikan dalam mata kuliah tersebut, meskipun tidak banyak yang saya pahami. Terkhusus materi yang berjudul Isu Politib Bahasa Nasional, dimana materi tersebut menjadi bagian kelompok saya untuk mempresentasikannya. Dalam materi tersebut kita dapat mengetahui isu-isu mengenai bahasa nasional terkhusus bahasa indonesia. Terimakasih .

WW
1 year ago
Windy Wulandari Rahayu

Alhamdulillah senang sekali bisa kuliah tatap Maya dengan bapak. Dari awal sampai akhir pertemuan sangat antusias karena pola belajar yang tidak biasa bagi saya. Ada reward bagi mahasiswa yang berani untuk mengungkapkan pendapat, saran, kritik dan lain lain. Sehingga kegiatan perkuliahan seru dan interaktif. Sistem tunjuk mahasiswa sepertinya bisa diterapkan lebih lanjut supaya yang aktif tidak hanya orang itu-itu saja dan yang dapat nilai keaktifan bisa merata serta terlihat mana yang menyimak dan tidak. Terima kasih bapak atas ilmu yang diberikan. Mudah-mudahan bertemu kembali di semester depan. πŸ™πŸ»

SL
1 year ago
Shanny Liesdayanti

Selama mengikuti perkuliahan daring untuk mata kuliah ini, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, dalam pembelajaran ini juga ada presentasi jadi saya bisa mendapatkan banyak ilmu dari setiap kelompok dan berbeda dengan presentasi biasanya membuat pembelajaran jadi menarik, mata kuliah ini juga banyak sekali kesempatan yang bapak berikan untuk kita bisa berpendapat dan berdiskusi sehingga kita semua dapat belajar berpikir kritis, tetapi ada juga kendala saat perkuliahan daring ini yang sering terjadi yaitu sinyal yang sering tidak stabil yang membuat saya sedikit susah untuk memperhatikan materi pembelajaran yang sedang disampaikan, dan juga lebih mudah mengantuk.

PI
1 year ago
Putri Intan Durotun Novalah

Sebenarnya materi yang di ajarkan cukup bagus dan menarik namun sayangnya pembelajaran di lakukan secara daring jadi mempengaruhi kondisi belajar mahasiswa termasuk saya jika kondisi sinyal jelek maka itu menghambat. Tapi pembelajaran ini juga bagus mengajarkan mahasiswa untuk berpikir kritis

WM
1 year ago
Waladah Milaniyah Sani

Selama mata kuliah ini saya banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selama perkuliahan bapak selalu memberikan kepada mahasiswa untuk bertanya agar bisa di pahami dengan baik membuat mahasiswa lebih aktif. Ilmu yang diberikan sangat banyak dan jelas, dalam penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar juga memotivasi kami untuk terus belajar dan mencari ilmu. Terimakasih

WM
1 year ago
Waladah Milaniyah Sani

Selama mata kuliah ini saya banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selama perkuliahan bapak selalu memberikan kepada mahasiswa untuk bertanya agar bisa di pahami dengan baik membuat mahasiswa lebih aktif. Ilmu yang diberikan sangat banyak dan jelas, dalam penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar juga memotivasi kami untuk terus belajar dan mencari ilmu. Terimakasih

NA
1 year ago
Nadya Ananda Putri

Selama saya mengikuti perkuliahan ini, saya merasa nyaman dan santai karena pembawaan dari bapak yang santai dan sering berdiskusi mengenai topik yang disajikan sehingga pembelajarannya tidak hanya terpatok pada materi saja namun kita dipaksa untuk berpikir kritis. Namun saya kurang setuju dengan pembelajaran kemarin seperti menonton video sebelum pembelajaran berlangsung, karena menurut saya tidak semua mahasiswa akan menonton video itu terlebih dahulu, tidak terpantau dan terkesan membuang-bunang kuota internet jadi 2x lipat (menonton youtube+zoom), sedangkan ternyata tidak semua mahasiswa mendapatkan kuota bantuan dari pemerintah. Namun dibalik itu, saya sangat setuju dengan metode penambahan poin keaktifan untuk mahasiswa yang bertanya, berpendapat dan sebagainya sehingga secara tidak langsung membuat mahasiswa mau tidak mau harus lebih aktif dikelas agar menambahkan poin keaktifan. Selebihnya bapak telah membantu kami dalam perkuliahan ini apalagi bapak seringkali memberikan materi dan video diluar topik perkuliahan. Terima kasih banyak pak.

DN
1 year ago
Devita Nur Anggraeni

Pembelajaran pada mata kuliah isu-isu global ini saya merasa berbeda dengan pembelajaran yang lainnya, di mata kuliah ini membuat kita harus berfikir kritis mengenai topik yang ada dan memberikan pandangan, atau tanggapan sesuai dengan pembahasan. saya sangat setuju, karena dengan begitu kita dituntut lebih banyak berfikir dan mencari sumber-sumber yang relevan. selain itu proses pembelajaran yang santai dan dengan metode diskusi itu membuat mata kuliah ini menarik. terlepas dari hal itu ada juga beberapa kekurangan dalam pembelajaran online kali ini, yaitu karena menggunakan aplikasi zoom dan presentasi melalui video di youtube membuat kuota internet keluar lebih banyak hal ini membuat mahasiswa mungkin tidak semua melihat video penjelasan presentasi di youtube dan memilih untuk mencari di google informasinya. kendala ini dialami oleh mahasiswa yang tidak dapat bantuan kuota internet dari pemerintah. kendala lain juga terdapat pada sinyal, sehingga mahasiswa tidak dapat menyimak mata kuliah secara menyeluruh. untuk pemberian poit terhadap mahasiswa yang aktif bertanya, memberikan pendapat, saya sangat setuju karena itu membuat mahasiswa terpacu untuk berbicar. terima kasih pa sebelumnya

NI
1 year ago
Nova Irma Yanti

Pada mata kuliah ini sebenarnya pembelajaran maupun metode nya cukup interaktif membuat mahasiswa untuk berpikir kritis. Pemberian salindia, artikel maupun handout selalu diberikan pada mata kuliah ini sebagai referensi tambahan. Hanya saja sebagian dari kami termasuk saya belum terbiasa untuk berpikir kritis sehingga ada keterhambatan dalam memahami materi pembelajaran. Namun terlepas dari itu setidaknya ada perubahan yang dirasakan dan semoga materi yang didapat bisa menjadi bekal pada semester selanjutnya. Sarannya semoga tugas yang diberikan sesuai dengan taraf /kemampuan mahasiswa agar tidak terjadi keterhambatan dalam memahami materi Terima kasih.

GA
1 year ago
Gita Apriliandila

Selama satu semester belajar mata kuliah Kajian Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, Alhamdulillah saya mendapatkan banyak ilmu baru yang bermanfaat untuk di aplikasikan kedalam kehidupan saya sekarang dan nanti. Karena cara pembelajaran yang dibawakan oleh Bapak sangatlah menyenangkan, oleh karena itu hampir semua orang yang diajar oleh Bapak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran ini. Namun, karena daring seperti ini, terkadang kendala sinyal selalu muncul, dan sebagian materi yang sedang di bahas jadi terlewatkan, sangat disayangkan.

AL
1 year ago
Aal Lukmanul Hakim

AL
1 year ago
Aal Lukmanul Hakim

Mata kuliah kajian isu-isu global bahasa dan sastra indonesia merupakan salah satu mata kuliah yang mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan bahasa. Fokus utama dalam mata kuliah ini adalah permasalahan-permasalahan hasil penelitian bahasa indonesia dengan referensi utama jurnal penelitian. Materi poko mata kuliah ini meliputi, hakikat isu global dalam pembelajaran da pendidikan, bahasa indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan, literasi dan permasalahannya, High Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran bahasa indonesia, 4C (Communication, Colaborastion, Critical Thinking, Creativity) dalam pembelajaran bahasa indonesia, strategi kreatif-inovatif dalam pembelajaran bahasa indonesia, penilaian pembelajaran bahasa indonesia dan uji kemahiran bahasa indonesia (UKBI), perkembangan dan studi bahasa indonesia di luar negeri dan bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA), politik bahasa nasional, optimalisasi peran media massa dalam pembelajaran bahasa indonesia, peran bahasa indonesia dalam pembangunan karakter, dan kajian pembelajaran bahasa indonesia dalam jurnal ilmiah.

AK
1 year ago
Afrizal Kholik

LS
1 year ago
Lisda Siti Yuningsih

Perkuliahan dari pada mata kuliah Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia sangat berkesan dan membuka wawasan saya mengenai kebahasaan dan kesastraan. Pada pembelajarannya pun saya bersemangat, dosen selalu mengapresiasi pendapat para mahasiswa sehingga ketika saya berpendapat tidak merasa takut, jika keliru pun dosen mengarahkan pada yang seharusnya. Mata kuliah ini sekaligus mengajarkan kemampuan lain, seperti kemandirian, kerja sama, mencari sumber untuk bahan materi, sampai membuat daftar pustaka serta kemampuan IT. Teknologi memang menjadi media utama dalam pembelajaran daring, dosen selalu memberikan contoh inovasi pembelajaran daring, seperti membuat mind mapping secara instan melalui sebuah aplikasi yang awalnya saya tidak ketahui, tetapi setelah melihatnya saya termotivasi mencoba. Masih banyak pengalaman yang saya dapatkan, mungkin yang teristimewa adah hal-hal yang tadi sudah saya paparkan. Saya harap semoga kontrol terhadap mahasiswa yang kurang aktif lebih ditingkatkan, agar pembelajaran lebih seru dan orang-orang yang berpendapat bergantian. Mohon maaf jika ada kesalahan tuturan yang saya sampaikan dan terima kasih atas ilmu, pengalaman, serta bimbingan bapak selama satu semester ini.

DS
1 year ago
Deli Siti Maulida

Pada mata kuliah isu isu global ini saya menurut saya bagus sekali di metode pembelajarannya karena di mata kuliah ini kita di tuntut untuk mengemukakan pendapat kita, dan berpikir kritis serta sebelum pembelajaran di mulai kita juga harus membudayakan menyimak bahan ajar yang akan di bahas pada saat pembelajaran. Metode pembelajaran ini sangat cocok untuk pembelajaran daring agar kita dapat memahami materi pembelajaran yang kita bahas karena sebelumnya kita sudah menyimak video / atau materi yang akan di bahas pada saat pembelajaran sehingga jika kita lupa atau mau membaca" lagi kita bisa buka materi2 yang sudah di share di google class room. Dan pembelajaran ini santai tetapi di tuntut untuk berpikir kritis. Namun ada juga kendala kadang dari kita nya yang lagi malas membaca sehingga kita tidak membaca materi yang sudah di siapkan dan pada saat diskusi pun kita jadi kebingungan. Dan untuk pemberian point bagi yang ikut aktif dalam diskusi saya sangat setuju karena itu dapat memotivasi dan mendorong kita agar aktif dalam berdiskusi. Terimaksih atas semuanya bapakπŸ™

ZA
1 year ago
Zaeni A Musyarop

Dari segi pembelajaran sangat mengesankan Karena kita ditantang berfikir dan bertindak sebagai mahasiswa, agar bisa mengulas dan mencari artikel, pembelajaran ini juga sangat berguna karena ada timbal baliknya, dan banyak pola pembelajaran untuk meningkatkan belajar mahasiswa atau peserta didik.

MA
1 year ago
M. Agung Maulana

Pembelajaran pada mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia sebetulnya hampir sama halnya dengan mata kuliah-mata kuliah lainnya yang diajarkan oleh dosen yang lain. Hanya saja, ada perbedaan sedikit tentang metode yang diajarkan pada mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, metode yang digunakan pada mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk cakap dalam menangkap suatu isu yang sebelumnya sudah disampaikan oleh mahasiswa lain yang dibuatkan melalui salindia kemudian di unggah melalui youtube. Keharusan mahasiswa berpikir kritis dan menangkap suatu isu dalam suatu permasalahan ini menjadi suatu cambukan untuk bisa maksimal dalam suatu pembelajaran. Selain itu, dengan ditampilkannya penilaian mahasiswa saat mahasiswa mampu aktif berdiskusi, ini juga merupakan suatu hal yang positif, karena mampu merangsang setiap mahasiswa untuk tetap aktif dalam pembelajaran. Hanya saja, kelemahan pada metode ini mungkin karena terlalu berfokus pada penggunaan media sosial, selain dari pada mahasiswa harus menggunakan Zoom, Google Classroom, mahasiswa juga dituntut untuk mengakses media sosial lain seperti youtube, hal ini menjadi hal yang berat bila dikaitkan dengan kuota belajar, apalagi tidak semua mahasiswa mendapatkan kuota belajar dari pemerintah. Tapi untuk keseluruhan, pada pembelajaran mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra, saya akui metode yang digunakan sedikitnya mampu merangsang mahasiswa untuk turut aktif berdiskusi.

DS
1 year ago
Dwi Shinta Febriyanti

Kesan saya mengikuti perkuliahan ini selama satu semester cukup baik, Alhamdulillah meskipun pembelajaran dilakukan secara daring tetapi setiap pertemuan yang dilaksanakan cukup optimal. Pada kelas ini kita dituntut untuk kreatif dan berpikir kritis, hal ini juga menjadikan atau memacu kita untuk selalu aktif, saya pribadi merasa hal itu adalah hal positif karena membuat kelas berasa tidak pasif. Kita juga dengan bebas mengungkapkan pendapat kita dan pendapat tersebut selalu diapresiasi. Melalui pembelajaran ini juga saya menjadi tahu mengenai isu-isu yang ada dalam bidang bahasa, dapat membedakan jurnal dan artikel, serta dapat melatih kita untuk menulis dan memparafrasakan sebuah tulisan. Bapak Restu juga dengan sengaja atau tidak sengaja memperkenalkan fitur yang belum kita tahu dan fitur tersebut sangat membantu. Semoga ilmu yang kami ambil disini dapat bermanfaat, amiin. Terima kasih Pak.

MH
1 year ago
Maulana Hasan

Dalam perkuliahan isu-isu global saya pribadi sangat mengapresiasi metode yang bapak gunakan, karena bapak bisa menggunakan cara dimana dosen lain tidak tahu dengan cara yang bapak lakukan, dengan cara mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis, memberikan mahasiswa untuk berpendapat dan sebagainya. Meskipun dengan keadaan daring ini bapak bisa memanfaatkan teknologi untuk membangun berpikirnya mahasiswa dengan kritis.

MI
1 year ago
Moch Ihsan A

Pada proses pembelajaran Mata Kuliah Kajian Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia yang diampu oleh Pak Restu Bias Primandhika tentunya sangat menambah wawasan karena kita diharuskan berpikir mengenai isu-isu global Bahasa dan Sastra Indonesia, dan kita pula dituntut untuk mengemukakan solusinya. Serta tugas yang sudah diberikan kepada mahasiswa menjadikan kita sebagai mahasiswa berpengalaman dalam membuat artikel dan lainnya, Perkuliahan secara daring via zoom meeting Pak Restu sangat memudahkan kita dalam melihat video baik itu yang sudah diupload ke YouTube ataupun yang tidak, Karena sudah tersedia link nya di GC, kita langsung bisa melihatnya. Terima kasih, Pak karena sudah memberikan kita wawasan juga ilmu yang bermanfaat bagi kita untuk kedepannya.

NY
1 year ago
Nurhadi Yunicandra

Pengalaman saya belajar di mata kuliah ini cukup baik. Mendapatkan beberapa pengetahuan-pengetahuan baru saat presentasi maupun diskusi mengenai isu-isu atau pun masalah yang terjadi seputar Bahasa dan Sastra Indonesia. Menurut saya, pembelajaran ini akan sangat efektif jika dilaksanakan secara tatap muka. Selama pembelajaran daring berlangsung, sering mendapatkan beberapa kendala terutama jaringan.

SK
1 year ago
Syifa Khoerun Adha

Pembelajaran secara daring ini memang baru saja kita lanksanakan, pelaksanaan pembelajaran daring ini dimulai dari tahun kemarin hingga tahun sekarang kondisi seperti ini dikarenakan wabah covid-19 yang belum selesai dan diharuskan melaksankan tatap muka secara online dengan menggunakan berbagai media online. Meskipun pembelajaran secara daring tapi saya bisa mengikuti mata kuliah ini dengan secara baik meskipun kadang adanya gangguan sinyal ketika sedang pembelajaran. Dalam mata kuliah isu-isu global ini banyak pengetauan baru, ilmu baru serta pengalaman baru yang saya dapatkan, materi yang disampaikan oleh para anggota kelompok dan juga oleh Bapak lumayan dapat dipahami dengan baik dan saya pun lebih bisa berfikir kritis dalam mengemukakakan suatu pendapat dan dalam mata kuliah ini pun adanya reward atau nilai tambahan jika kita mengemukakan pendapat kita pada saat pembelajaran dan itu sangat menyenangkan. Terima kasih

IS
1 year ago
Indah Solehah

Alhamdulilah selama satu semester pada mata kuliah Kajian Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra ini banyak sekali ilmu yang didapatkan, di perkuliahan mengajak mahasiswa untuk aktif dan berpikir kritis memberi kesempatan mahasiswa untuk berpendapat sesuai sudut pandang masing masing, membimbing mahasiswa agar mempunyai wawasan yang luas , menambah dan memperluas pengetahuan tentang dunia seperti contohnya bapak memberikan vidio dari luar negeri untuk kami tanggapi secara kritis. Kemudian banyak sekali ilmu yang didapatkan yang sebelumnya saya tidak ketahui. Terima kasih banyak bapak atas pembelajaran dan pengetahuan yang telah bapak jelaskan, sangat bermanfaat sekali.πŸ™

KZ
1 year ago
Kamilia Zulfa

Pada pembelajaran mata kuliah isu-isu global, saya mendapat banyak hal yang bermanfaat. Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk diskusi membuat mahasiswa harus berpikir kritis dan berani menyampaikan pendapat. Walaupun pembelajaran daring, pembelajarannya cukup interaktif hal itu dapat memacu untuk ikut aktif di kelas.

DS
1 year ago
Devi Syipa Rosita

Assalamulaikum wr. wb Menurut saya selama 1 semester pembelajaran daring pada mata kuliah Kajian Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, itu saya mendapatkan banyak sekali pembelajaran dari bapak yang sudah banyak mengajarkan ilmu dan wawasan maupun ilmu ilmu tentang kehidupan yang membuat diri saya menjadi termotivasi dan kreatif. Metode pembelajaran nya juga sangat menarik dan mudah di pahami seperti membuat video yang beliau tugaskan, itu sangat membantu dalam memahami apa yang diajarkan. Selain memberikan pembelajaran ini bapak juga memberikan beberapa hikmah dan nilai nilai kehidupan yang terkandung didalam kajian isu-isu global pembelajaran bahasa dan sastra indonesia dan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Terima kasih banyak atas ilmu yang telah bapak berikan

AR
1 year ago
Annisa Rahmawati

Menurut saya perkuliahan ini sangat bermanfaat karena membuat saya berpikir kritis dan pembelajaran yang efektif dengan berdiskusi bersama teman-teman lainnya karena dari diskusi teman-teman menambah pengetahuan saya tentang Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia. Penjelasan yang dijelaskan oleh dosen pun dapat di pahami oleh saya. Terima kasih atas ilmunya pak, semoga sehat selalu.

NH
1 year ago
Nurul Hanifah

Dalam pembelajaran mata kuliah isu isu global bahasa dan sastra indonesia ini menurut saya sangat efektif, karena mahasiswa dituntut untuk turut aktif dalam berdiskusi berbagai isu-isu yang ada dalam setiap pembahasan, selama pembelajaran menjadikan saya lebih bisa berfikir kritis dalam menghadapi suatu permasalahan dan membuka pola pikir saya bahwa suatu permasalahan tidak hanya dilihat dari satu sudut pandang saja, dalam setiap perkuliahan juga sangat interaktif karena dosennya pun terus mengajak mahasiswa untuk aktif berpendapat. Metode pembelajaran yang menurut saya menarik, membuat saya lebih fokus, namun tetap saja ada beberapa kendala yakni kendala dari saya sendiri yang terkadang malas untuk mencatat point point yang ada didalam vidio, terlebih media yang digunakannya itu melalu youtube yang banyak menghabiskan kuota, tapi alhamdulillahnyaa materi yang di youtube diulas kembali dalam ruang zoom jadi tidak terlalu kebingungan. mungkin itu beberapa kendala yang terjadi pada saya, tapi keseluruhan pembelajaran sangat menyenangkan dan efektif dalam berdiskusi.

AN
1 year ago
Arrasy Nur Illahi

Selama perkuliahan isu isu global. Di sini saya banyak belajar tentang isu yang ada di dunia. Mulai dari bahasa ternyata dapat membentuk pola pikir seseorang, seperti halnya suku Aborigin di Australia yang dimana mereka tidak mengenal kata kanan dan kiri, maka mereka menyebut kata kanan dengan sebutan arah mata angin. Kemudian, tentang isu kedwibahasaan dan diglosia yang menimbulkan isu. Apakah jika seseorang memiliki kemampuan dwibahasa itu merupakan anguerah atau musibah? Dan dapat disimpulkan bahwa kedwibahasaan dapat memunculkan gengsi. Misalnya dalam taraf ragam tinggi dan rendah. Dalam hal ini pun bisa menjadi musibah jikalau petutur tidak bisa memisahkan antara bahasa satu dan dua. Kemudian dalam perkuliahan ini terdapat isu tentang literasi bangsa yang kurang dalam minat membaca. Namun, jikalau dilihat dari tingkat se-ASEAN Indonesia termasuk dalam kategori tinggi. Dalam perkuliahan ini juga terlalu banyak berdiskusi sehingga informasi yang di dapat kurang dipahami karena terkadang sinyal yang putus-putus membuat suara tidak terdengar dan bagi saya ada sedikit miskom dalam materi perkuliahan

VA
1 year ago
Vika Ayu Yuningsih

selama perkuliahan banyak suka dan duka yang dirasakan, Bapak dosen yang selalu ceria dan sangat menyenangkan ketika mengajar, namun terkadang selalu terhalang oleh sinyal yang tidak mendukung. Semoga pembelajaran Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia semakin baik lagi ke depannya.

AA
1 year ago
Abyan Afrizal Lazuardi

Pada proses pembelajaran mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia ini menurut saya pribadi pembelajarannya sudah dilakukan dengan sangat baik, terlepas dari situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. Materi yang disampaikan juga dapat tersampaikan dengan baik. Kemudian mengulas sedikit tentang mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia ini dari yang saya pahami adalah mata kuliah ini tidak hanya berfokus kepada materi yang disampaikan saja, melainkan juga ini merupakan sebuah pengaplikasian dari materi yang diaplikasikan dari materi dan diaplikasikan kepada apa yang sedang terjadi disekitar kita, kemudian ini juga yang memudahkan kita sebagai mahasiswa adalah apa yang sedang terjadi bisa menjadi bahan yang diangkat atau di diskusikan bersama, menurut saya ini menarik. Dengan pengaplikasian yang seperti itu tentu dapat memudahkan dari pihak mahasiswa untuk menangkap materi atau isu yang sedang diangkat juga di diskusikan, kembali lagi terlepas dari yang tadi yaitu situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada saat ini.

RB
1 year ago
Riza Bilharits

Dalam pembelajaran mata kuliah isu isu global bahasa dan sastra indonesia sudah baik namun dikarenakan kondisi pandemi dan harus daring jadi saya tidak cukup memahami

VR
1 year ago
Vinna Rumayara

Selama pembelajaran kajian ISU-isu Global saya mendapatkan bayak sekali pengetahuan yang di dapat dan bukan sekedar pengetahuan dari 1 buku saja, melainkan dari beberapa sumber yang tentunya membuat saya sebagai mahasiswa ingin mencari informasi seluas-luasnya. Dosen pun tidak hanya memberikan materi saja akan tetapi melakukan komunikasi dua arah dengan mahasiswa. Banyak sekali kesan yang berbeda tentunya untuk setiap orang yg merasakan perkuliahan isu-isu global ini. Namun satu yang paling berkesan bagi saya yaitu Dosen selalu mengapresiasi setiap pendapat dari mahasiswa serta memberikan ilmu yang sangat luas, mulai dari seni, sastra, bahasa serta melatih mahasiswa untuk pandai dalam memanfaatkan teknologi.

SR
1 year ago
Salsabila Rahadatul Aisy

Selama pembelajan bersama bapak saya mendapat pesan dan kesan, banyak pelajaran yang dapat saya ambil, bapak mengajarkan ilmu dan dapat memotivasi, dengan begitu saya termotivasi dan menambah rasa semangat.

DA
1 year ago
Depa Anggrian

Pada pembelajaran mata kuliah Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari mata kuliah ini. Salah satunya menjadikan saya lebih kritis, teliti, dan lebih rinci lagi dalam mencari referensi bahan buat tugas yang lebih terpercaya sumbernya. Selama pembelajaran pun materi yang dijelaskan kembali oleh dosen dapat mudah dipahami dan dimengerti.

NN
1 year ago
Neni Nuraeni

Selama perkuliahan, bapak selalu memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya agar siswa aktif selama perkuliahan berlangsung.

Sl
1 year ago
Septia Ladewi

Pada masa pembelajaran kuliah bapak,bapak selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya agar semua siswa aktif dalam perkuliahan berlangsung

RT
1 year ago
Rahma Tiara Iswandi

Dalam masa pembelajaran mata kuliah ini saya ucapkan terimakasih kepada bapak selaku dosen mata kuliah isu-isu global Bahasa dan Sastra Indonesia yang memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan selalu memberikan kesempatan para mahasiswa dan mahasiswi untuk bertanya dan lebih aktif selama pembelajaran daring. Terimakasih

HM
1 year ago
Hasan Muhamad Zulfiqri

Terimakasih bapak karena memberi ruang untuk mahasiswa berdiskusi dan sangat efektif sekali untuk mahasiswa agar aktif dalam perkuliahan.

SS
1 year ago
Salwa Salvianti

Pembelajaran pada mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, sedikit berbeda dengan mata kuliah yang lainnya. Metode pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah ini mengharuskan mahasiswanya untuk dapat berpikir kritis dan berdiskusi, sehingga mampu menghidupkan suasana pembelajaran yang interaktif antara mahasiswa dengan dosen maupun mahasiswa dengan mahasiswa. Pembelajaran pada mata kuliah ini mengharuskan mahasiswanya untuk menyimak video yang berisi materi yang akan dibahas pada saat pembelajaran, hal tersebut sangat cocok digunakan untuk pembelajaran daring, namun dari metode tersebut ada juga kekurangannya yaitu mahasiswa yang belum sempat menyimak materi dari video akan ketinggalan pembelajaran dan menjadi tidak tahu apa-apa karena pada saat pembelajaran kita langsung berdiskusi. Selain itu, pembelajaran pada mata kuliah ini menggunakan aplikasi zoom, google classroom, dan youtube. Hal tersebut sedikit memberatkan mahasiswa yang tidak mendapatkan bantuan kuota belajar dari pemerintah. Tapi untuk keseluruhan metode pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah ini sudah sangat efektif karena dapat merangsang mahasiswanya untuk aktif berdiskusi. Terima kasih pak, sudah banyak memberikan ilmu yang bermanfaat.

GP
1 year ago
Gina Puspitasari

Pembelajaran pada mata kuliah Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan metode pembalajaran yang menuntut mahasiwa untuk berpikir kritis dan menyimak sebelum pembelajatan dimulai. Selalu ada sesi tanya jawab dua arah yang membuat mahasiswa tidak bosan. Pembelajarannya juga menggunakan metode membuat kelompok lalu dibuatkan video menurut judulnya masing-masing, sebelum memulai pembelajaran video tiap kelompok sudah dtiupload di google classroom. Namun yang sangat saya sukai adalah ketika dosen memutarkan sebuah video lalu mengambil apa hikmah yang di dapat dalam video tersebut.

IN
1 year ago
Isma Nurul Fauziah

Membuat mahasiswa harus lebih kritis dalam pembelajaran, banyak ilmu yang tadinya belum diketahui perlahan jadi mudah dimengerti.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

DS
1 year ago
Dewi Setya Permana Putri

Selama saya mengontrak mata kuliah isu-isu global bahasa dan sastra Indonesia ini, saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru. Mata kuliah ini juga menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih kritis lagi. Saya juga sangat mengapresiasi cara mengajar bapak yang santai dan tidak mainstream yang membuat mahasiswa merasa nyaman. Terima kasih banyak bapak atas ilmunya. Ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami kedepannya. Semoga bapak selalu diberikan kesehatan amiiin.

MR
1 year ago
Muhamad Reza Apriliansyah

Terimakasih sudah membuat mata kuliah ini menyenangkan dengan adanya istirahat sebelum belajar sangat bermanfaat sekali untuk berlangsungnya pembelajaran, dan pembelajaran di mata kuliah ini sangat membangun di karenakan setiap kali pembelajaranya terdapat hal dan makna yang dapat membangun motivasi belajar di setiap harinya πŸ™πŸ˜‡

CS
1 year ago
Chairul Saleh

Pada Mata Kuliah Isu-Isu Global ini saya sebagai mahasiswa menjadi menambah wawasan serta ilmu dan Pak Restu sebagai Dosen Pengampu mata kuliah ini banyak memberikan waktu untuk mengeluarkan argumentasi mahasiswa sehingga dapat memberikan rasa keberanian untuk mahasiswa agar tampil percaya diri .Pembelajaran daring ini membawa kita pada sebuah pengalaman baru yang biasanya kita terbiasa tatap muka secara langsung, tetapi dengan daring kita diharuskan lebih kreatif, inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kekurangan maupun kelebihan belajar daring salah satu kekuranagan saat kita dihadapkan pada situasi kuota habis, signal yang terkadang membuat pembelajaran terhambat.

WS
1 year ago
Wida Shellka Virgia

Menurut saya pembelajaran pada mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia ini banyak memberikan ilmu yang bermanfaat bagi saya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran pun sangat bagus, yaitu mahasiswa dituntut untuk berpendapat dan berpikir kritis. Pembelajaran yang dilakukan pun terbilang cukup santai sehingga membuat mahasiswa merasa nyaman ketika proses pembelajaran yang sedang dilakukan. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak yang telah memberikan ilmu nya kepada kami selama 1 semester ini, semoga bapak selalu diberikan kesehatan dan senantiasa dilindungi oleh Allah swt. Aamiin

FS
1 year ago
Farhah Salsabil Yumna

Selama mengikuti pembelajaran mata kuliah Isu- Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia ini saya banyak mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat . Bapak dosen tidak kaku dalam mengajar, melainkan selalu berdialog dengan mahasiswa dalam membahas atau mengajarkan materi kuliah dan selalu mengajak keterlibatan mahasiswa lewat pertanyaan dan diskusi yang diajukkan kepada mahasiswa dan mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan menganalisis sebuah persoalan yang menjadi pokok pembahasan. Tapi dalam pembelajaran mata kuliah ini juga ada informasi yang terkadang saya kurang paham.

IF
1 year ago
Intan Fitri Khairunnisa

Mata Kuliah Isu-Isu Global ini menurut saya membuat saya menjadi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Pak Restu sebagai Dosen Pengampu mata kuliah ini banyak memberikan peluang kepada mahasiswa untuk berargumentasi dan berpendapat sehingga dapat memberikan rasa keberanian untuk mahasiswa agar tampil percaya diri. Pa Restu juga selalu memberikan nilai untuk memotivasi mahasiswa untuk selalu berpendapat. Mata kuliah ini juga sangat santai belajarnya dan saya berterima kasih kepada Pak Restu telah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk mahasiswa.

PS
1 year ago
Peri Setiawan

Dalam perkuliahan Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia, menggunakan metode yang berbeda dari mata kuliah yang lain, dimana metode yang digunakan cukup bagus, dimana mahasiswa membuat video secara berkelompok, dengan demikian mahasiswa menjadi lebih berpikir kritis bagaimana caranya materi yang disampaikan kelompoknya dapat dipahami sepenuhnya oleh rekan yang lain. Metode yang cukup bagus tetapi dengan metode yang berbeda mahasiswa kadang menjadi sedikit bingung dan tidak percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya pada saat sesi diskusi dan tanya jawab, suasana kelas jadi hening dan jarang sekali ada interaksi, bukan tidak memahami materi tetapi hanya ragu untuk mengungkapkan pendapatnya karena metode baru yang digunakan. Bagi saya metode cukup bagus, tetapi membuat mahasiswa ragu dalam mengungkapkan Pendapatnya karena sudah diulas semua dalam video yang dibuat rekan mahasiswa yang lain

FH
1 year ago
Fenny Hestiyani Solihin

Setelah mempelajari mata kuliah ini, saya mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya tidak saya ketahui. Metode yang di pakai juga menurut saya cukup menyenangkan dan tidak membosankan. Mahasiswa juga bebas memberikan pendapatnya dan menuntut kita untuk berpikir secara kritis.

RN
1 year ago
Ranjani Nafisa Solihah

Dalam mata kuliah ini saya sangay menikmati pembelajaran daring, tidak seperti pembelajaran daring pada umumnya yang terkadang membosankan. Di sini dosen membuka diskusi seru dan membuat mahasiswa berpikir kritis pengetahuan yang lebih luas, tidak membatasi mahasiswa untuk beropini. Dosen juga sangat jelas jika menjelaskan sesuatu, sehingga mahasiswa paham dan mudah mengerti.

SK
1 year ago
Syifa Kamila Sukma

Pengalaman saya selama mengikuti perkuliahan online ( daring ) pada mata kuliah ini saya banyak mendapat wawasan baru mengenai permasalahan dalam bahasa indonesia,meskipun tidak semua topik saya pahami tetapi saya merasa tertarik untuk mengkajinya. Selama pembelajaran daring semua mahasiswa juga dituntut untuk bisa memecahkan minimal 1 isu dalam mata kuliah ini dan mencari solusinya.

WN
1 year ago
Wapi Nur Fitriani

Assalamualaikum wr.wb. Pada mata kuliah Isu-isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia selama satu semester ini saya mendapat banyak sekali ilmu yang benmanfaat pastinya yang didapat dari Pak Restu selaku dosen mata kuliah ini maupun dari teman-teman. Yang saya sukai dari mata kuliah ini adalah metode pembelajarannya yang menyenangkan karena kita saling sharing antar dosen dan mahasiswa. Terima kasih Pak telah memberi saya banyak ilmu yang bermanfaat, wassalamualikum wr. wb.

NN
1 year ago
Nanda Novita Dewi

Banyak sekali pengamalan serta pengetahuan yang saya dapatkan dari mata kuliah Isu - Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia. Dari mata kuliah ini banyak sekali pengalaman menyenangkan seperti pada saat pembuatan tugas membuat video bersama kelompok selain bisa bertemu dengan alasan kerja kelompok saya juga bisa melatih publik speaking saya karena harus dihadapkan dengan pembuatan video. Dosen pengampu yang sangat sabar dan telaten saat memberikan materi agar mahasiswa nya tidak mengalami kesulitan seperti memberi materi berupa vid dan ppt agar bisa dilihat ulang serta dipamahi lebih dalam. Meskipun ada beberapa materi yang tidak mudah dipahami, namun sejauh ini kinerja dosen pengampu sudah sangat maksimal. Saya senang dan bangga menjadi bagian keluarga mahasiswa PBSI.

YZ
1 year ago
Yunisya Zyan Azhari

Assalamualaikum wr.wb Pada pembelajaran mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia yang diampu oleh bapak selama 1 semester ini, saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Disamping mendapatkan ilmu, saya merasa mendapatkan tantangan untuk mengutarakan ide atau pikiran saya terhadap suatu topik untuk mendapatkan poin keaktifan dalam pembelajaran. Selain itu, metode belajar yang santai tapi mencapai tujuan belajar membuat saya merasa nyaman ketika ikut serta dalam pembelajaran. Penyampaian materi yang mudah dipahami oleh semua mahasiswa. Pemberian nilai yang objektif dalam pembelajaran membuat semua mahasiswa merasa adil. Pada mata kuliah ini para mahasiswa dapat mengutarakan pemikirannya dengan bebas dan saling berbagi pengalaman sehingga membuat mahasiswa membangun pemikiran yang kritis.

YZ
1 year ago
Yunisya Zyan Azhari

Assalamualaikum wr.wb Pada pembelajaran mata kuliah Isu-Isu Global Bahasa dan Sastra Indonesia yang diampu oleh bapak selama 1 semester ini, saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Disamping mendapatkan ilmu, saya merasa mendapatkan tantangan untuk mengutarakan ide atau pikiran saya terhadap suatu topik untuk mendapatkan poin keaktifan dalam pembelajaran. Selain itu, metode belajar yang santai tapi mencapai tujuan belajar membuat saya merasa nyaman ketika ikut serta dalam pembelajaran. Penyampaian materi yang mudah dipahami oleh semua mahasiswa. Pemberian nilai yang objektif dalam pembelajaran membuat semua mahasiswa merasa adil. Pada mata kuliah ini para mahasiswa dapat mengutarakan pemikirannya dengan bebas dan saling berbagi pengalaman sehingga membuat mahasiswa membangun pemikiran yang kritis.

L
1 year ago
Leni

Selama mengikuti pembelajaran mata kuliah ini , saya mendapatkan beberapa ilmu yang belum saya ketahui, bukan hanya dari segi materi dan pembahasan saja tetapi saya menjadi tahu beberapa aplikasi yang digunakan dan disarankan oleh Bapak Restu yaitu seperti aplikasi Jamboard yang sering disebut dengan papan tulis digital sehingga dapat membantu saya dalam menulis hal-hal penting dengan mudah. Kemudian dalam pembelajaran mata kuliah ini meskipun dilakukan secara daring tetapi tetap menjadikan suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Sementara itu menurut saya pembelajaran mata kuliah ini sangat menantang dan dapat menjadikan setiap mahasiswa untuk selalu berfikir kritis. Terima kasih

FN
1 year ago
Febriana Ninggih Ningrum

Terima kasih banyak ya bapak attas ilmu yang sudah diberikan :) Sehat selalu

GT
1 year ago
Geby Tessalonika

Selama saya belajar di Ikip Siliwangi saya sudah bertemu dengan Bapak dalam 2 Semester. Menurut saya pembelajaran dengan bapak merupakan suatu pembelajaran yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa seumuran saya, maka dari itu saya dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan bapak dapat saya jadikan contoh kelak pada saat saya mengajar, Amin. Saya berharap dalam mengajar bapak tidak merubah tata cara mengajar bapa yang asik dan tidak membosankan. Semoga saya bisa bertemu lagi dengan bapak di semester yang akan datangπŸ™

YY
1 year ago
Yona Yolandha Apfia

Assalamualaikum Permasalahan utama dari pembelajaran daring adalah adaptasi mahasiswa&tenaga pendidik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam pembelajaran isu isu global media yang di gunakan dosen pengampu sangat baik, pemanfaatan media pembelajaran seperti youtube, google cendikia, GC, dan zoom membuat mata kuliah ini menjadi menarik. Metode pembelajaran berbasis masalah sangat bermanfaat untuk pembelajaran kedepannya. Banyak Kemampuan-kemampuan yang dilatih dalam pembelajaran ini seperti bagaimana kita memecahkan permasalahan sehingga mahasiswa dituntut untuk berpikir lebih kritis, meningkatkan inisiatif, dan memotivasi siswa untuk terus berkembang. mahasiswa sendiri tidak dibatasi untuk berpendapat bahkan ketika waktu habis dosen para mahasiswa dengan sebutan "teman-teman" dan diakhiri dengan "pendapat yang bagus" sebagai bentuk apresiasi adalah salah satu alasan mengapa pembelajaran isu-isu global menjadi lebih hidup. Tak lupa dosen pengampu juga memberikan evaluasi setiap kali pembelajaran sehingga kami para mahasiswa lebih berkembang lagi. Terimakasih banyak pa

MD
1 year ago
Marlina Dwi Widiastuti

Assalamualaikum Wr. Wb. Melalui mata kuliah isu-isu global Saya mendapat banyak ilmu dan melatih saya untuk berpikir kritis. Banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan poin di setiap pertemuan, namun saya selalu merasa gugup dan saya sering merasa tertinggal oleh teman-teman yang lainnya. Metode pembelajaran yang Bapak pakai sebetulnya sangat menarik dan sangat ditunggu oleh semua mahasiswa, karena diforum tersebut mahasiswa dibebaskan untuk memberi pendapat atau menambahkan pendapat teman-teman yang lainnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

MD
1 year ago
Marlina Dwi Widiastuti

Assalamualaikum Wr. Wb. Melalui mata kuliah isu-isu global Saya mendapat banyak ilmu dan melatih saya untuk berpikir kritis. Banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan poin di setiap pertemuan, namun saya selalu merasa gugup dan saya sering merasa tertinggal oleh teman-teman yang lainnya. Metode pembelajaran yang Bapak pakai sebetulnya sangat menarik dan sangat ditunggu oleh semua mahasiswa, karena diforum tersebut mahasiswa dibebaskan untuk memberi pendapat atau menambahkan pendapat teman-teman yang lainnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

MD
1 year ago
Marlina Dwi Widiastuti

Assalamualaikum Wr. Wb. Melalui mata kuliah isu-isu global Saya mendapat banyak ilmu dan melatih saya untuk berpikir kritis. Banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan poin di setiap pertemuan, namun saya selalu merasa gugup dan saya sering merasa tertinggal oleh teman-teman yang lainnya. Metode pembelajaran yang Bapak pakai sebetulnya sangat menarik dan sangat ditunggu oleh semua mahasiswa, karena diforum tersebut mahasiswa dibebaskan untuk memberi pendapat atau menambahkan pendapat teman-teman yang lainnya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

FA
1 year ago
Femi Ane Lisnawati

Selama mengikuti mata kuliah ini,banyak pengalaman dan wawasan baru yang saya dapat dari pelajaran ini mulai dari kreativitas teman-teman dalam membuat video, diskusi yang menarik sehingga membuat saya belajar berfikir kritis. Tetapi sangat di sayangkan pembelajaran yang di laksanakan secara daring ini sering juga menghambat pelaksanaan belajar seperti jaringan yang tidak stabil.

MI
1 year ago
Muhammad Ilham Wahyu Nugraha

Ketika kuliah mata kuliah ini sangatlah menyenangkan, karena kita dituntut untuk saling berdiskusi dan bepikir satu sama lain, itu menunjukan bahwa stimulus dan respons dalam pembelajaran sudah terlihat tidak hanya dosen yang terus bicara tetapi mahasiswa pun terlihat aktif. Di mata kuliah tentunya saya menemukan pengetahuan baru yang belum saya ketahui sebelumnya, yang membuat saya kagum ternyata bahasa indonesia itu luas. Ditengah pembelajaran daring dengan serba gangguan teknis nya saya tetap berusaha untuk mengikutinya dengan maksimal. Terimakasih banyak bapak!

DA
1 year ago
Delia Ananda

Dalam pembelajaran mata kuliah isu isu global tentunya menjadi suatu hal dan materi baru bagi pembelajaran PBSI, kita menjadi tahu akan isu isu global yang ada pada pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang menyangkut berbagai bidang dan mengajarkan kita untuk berpikir bahkan mengatasi dari berbagai isu isu tersebut dengan pemahaman materi selama pertemuan isu isu global yang bapak jelaskan, walaupun terkadang terganggu oleh sinyal tapi dengan berbagai penugasan yang bapak tugaskan dapat membantu pemahaman semakin bertambah dan semakin meluas pemikiran tentang isu global pembelajaran bahasa Indonesia,melalui pembelajaran daring pun kita menjadi kreatif dan mencari materi materi tentang isu tersebut dari internet dan banyak yang menjadi ilmu baru tentunya bagi calon pendidik.

IS
1 year ago
Ira Septiani

Assalamualaikum wr.wb. Saya hanya ingin memberi sedikit ulasan mengenai pembelajaran isu isu global dalam 1 semester ini, tentunya dalam 1 smster ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa menjadi ilmu untuk bekal saya dalam pembelajaran ini saya d tuntut untuk berfikir kritis dan kreatif tentunya apalagi dengan mengerjakan tugas membuat vidio. Saya berterima kasih untuk bapa karna telah mengajarkan ilmu yang bermanfaat semoga bapa sehat selalu, aminn yarabbal alamin. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

KK
1 year ago
Kikim Karlina

Selama pembelajaran bapa banyak ilmu yang di dapat dan ilmu yang mudah untuk dipahami pelajaran ini memang baru saya ketahui sebelumnya tentang isu-isu global menjadi wawasan baru untuk saya khususnya umunya untuk semua teman" Saya,suka duka kuliah misal terkendala sinyal, kadang mengantuk, kadang ada yang masih belum saya pahami pa Terima kasih banyak pa atas semuanya mohon maaf jika saya kurang dalam pembelajaran ini.

KK
1 year ago
Kikim Karlina

Selama pembelajaran bapa banyak ilmu yang di dapat dan ilmu yang mudah untuk dipahami pelajaran ini memang baru saya ketahui sebelumnya tentang isu-isu global menjadi wawasan baru untuk saya khususnya umunya untuk semua teman" Saya,suka duka kuliah misal terkendala sinyal, kadang mengantuk, kadang ada yang masih belum saya pahami pa Terima kasih banyak pa atas semuanya mohon maaf jika saya kurang dalam pembelajaran ini.

DA
1 year ago
Dina Amelia Nurhayati

Assalamu'alaikum W. W. Sebelumnya terima kasih Pak untuk satu semester ini. Melalui mata kuliah isu-isu global ini saya mendapatkan banyak ilmu dan tentunya saya bisa mengetahui isu apa saja yang terjadi di dunia, terutama isu-isu yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Walaupun pembelajaran dilakukan secara daring, menurut saya mata kuliah Bapak terasa menarik dan menyenangkan, apalagi dengan sistem penambahan poin pada aktivitas kelas yang menjadikan mahasiswa lebih aktif, bisa berpikir kritis, dan berani berpendapat baik di zoom meeting secara langsung atau pun di google classroom. Terima kasih.

EH
1 year ago
Eli Herlina

Bismillahirrahmanirrahim Selama pembelajaran dari mata kuliah ini, cukup baik. Beberapa hal yang dapat dikatakan baik karena : 1. Bapak selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mandiri dalam hal belajar, melatih mahasiswa selalu aktif dan kreatif 2. Selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir kritis, untuk berinovasi lebih luas lagi 3. Pembelajaran mudah dipahami baik dari ppt/makalah ataupun penjelasan dari bapak sendiri yang sering memberikan motivasi-motivasi terhadap kami 4. Mata kuliah ini cukup menantang dalam hal peningkatan mutu belajar 5. Selalu memberikan forum penilaian baik bagi mahasiswa yang aktif di zoom ataupun di GC. Namun sayangnya pembelajaran ini dilaksanakan secara daring. Jadi komunikasi antar mahasiswa, diskusi antar mahasiswanya kadang kala monoton. Terlebih kebanyakan mahasiswa terkendala signal. Sekian. Terima kasih. πŸ™πŸ»

SA
1 year ago
Salwa Amalia Rahmani

SL
1 year ago
Samuel Leonardi Naibaho

Salah satu mata kuliah favorit yang saya dapatkan. Materi yang disajikan benar-benar membuka pandangan saya terhadap bahasa Indonesia. Banyak hal baru yang saya dapatkan. Dosen muda intelek! Salut!

MW
1 year ago
Moch Wijdan Chaikal

Pada pembelajaran isu-isu global, saya mendapatkan hal-hal yang bermanfaat, Pembelajaran yang di bentuk dengan diskusi membuat mahasiswa/i harus berpikir kritis dan Berani menyampaikan pendapat meskipun pembelajaran masih dilakukan secara daring.

OE
1 year ago
Octaviani Eka Saputri

Assalamualaikum Wr.Wb selama satu semester pembelajaran Isu-Isu Global dengan dosen pengampu pak Restu Bias Primandhika sangat seru, selalu ada diskusi di ruang maya zoom setiap pertemuannya bahkan setiap tugas pun selalu disuru untuk mencari artikel sebagai kajian referensi, itu bagi saya sangat membantu melatih kegiatan literasi kita sebagai mahasiswa, apalagi sebagai mahasiswa harus sering-sering membaca sebuah artikel. terimakasih pak atas pembelajaran selama satu semester yang sangat bermanfaat.

RN
1 year ago
Rizki Novaldi

Menurut saya selama pembelajaran mata kuliah isi -isu Global ini sangat menarik yang dimana pembelajaran sekarang berbeda dengan tahun-tahun kemarin secara teknis yang dilaksanakan secara luring namun sekarang dilaksanakannya secara daring karena situasi dan kondisinya masih belum memungkinkan untuk belajar secara tatap muka namun dalam pembelajaran mata kuliah ini sangat menarik walaupun secara daring tapi banyak pengalaman dan ilmu yang bisa dapat juga dari teknis pembelajarannya sangat baik sangat jelas dan kreatif jadi bisa dipahami dan menghidupkan suasana pembelajaran

MA
1 year ago
Muhamad Anwar Latif

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak. Izin memperkenalkan diri, Saya Muhamad Anwar Latif dengan NIM 19210157 izin memberikan ulasan untuk mata perkuliahan yang Bapak ampu. Alhamdulillah pada perkuliahan ini saya mendapatkan ilmu-ilmu Baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Dan saya juga nyaman dengan kebijakan diskusi yang bapak berikan. Mohon maaf Pak saat perkuliahan online berlangsung saya sering off camera Pak. Terimakasih banyak ya Pak, Bapak selalu sabar saat mengajar kami. Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan dan keberkahan Pak. Aamiin aamiin aamiin. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

KETERANGAN MATA KULIAH
Kredit:
  • Kode Mata Kuliah: 4221622436
  • 119 Mahasiswa
  • Waktu: 90 menit
  • Jumlah Pertemuan: 15
  • Video: 0
  • Materi dapat diunduh
BIDANG ILMU
  • Pendidikan Umum
  • Bimbingan dan Konseling
  • Pendidikan Masyarakat
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Profesi Keguruan