Perkuliahan

Pendidikan Seni Tari 2

Bidang Ilmu
Pendidikan Anak Usia Dini
0 Ulasan


Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari 2

 

Pada Bab I Mata kuliah Pendidikan Seni Tari 2 merupakan mata kuliah yang berkaitan dengan metodologi pengajaran tari untuk anak usia dini yang menekankan pada inquiry dan cooperative learning. Mahasiswa mengenal unsur-unsur tari bagi anak usia dini sebagai bahan untuk membuat model pembelajaran.

Bab II menguraikan tentang tari dijadikan sebagai alat untuk membantu siswa dalam mengembangkan kepekaan estetis, kemampuan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan menyerap nilai-nilai. Dalam proses perkuliahannya mahasiswa akan merancang model pembelajaran dan mengaplikasikan pembelajaran tari dengan mengeksplorasi berbagai elemen tari, Keterpaduan bidang seni tari dengan musik, rupa, dan teater serta mata pelajaran lain merupakan bagian yang tak terpisahkan merancang dan mengaplikasikan model pembelajaran tari pada anak usia dini.

Bab III menguraikan tentang konsep ruang tari bagi anak usia dini serta mengekplorasi berbagai ruang tari seperti ruang luas, sedang dan sempit.

Bab IV menguraikan tentang konsep ruang tari bagi anak usia dini serta mengekplorasi berbagai tenaga tari seperti tenaga kuat, sedang dan lemah.

Bab V menguraikan tentang konsep ruang tari bagi anak usia dini serta mengekplorasi berbagai tempo tari seperti tempo cepat, sedang dan lambat.

Bab VI menguraikan tentang konsep ruang tari bagi anak usia dini serta mengekplorasi berbagai tempo, ruang dan waktu dan kemudian di variasikan.

Bab VII model-model pembelajaran akan dilakukan pada akhir pembelajaran dengan mengobservasi, mengeksplorasi serta menganalisis tari untuk anak usia dini. Baik itu tari Nusantara atau tari Mancanegara. Kegiatan ini dimaksudkan supaya mahasiswa lebih memahami konsep dan strategi pembelajaran tari, keberagaman peserta didik, dan segala persoalan yang terjadi di dalam pendidikan seni tari khususnya untuk anak usia dini.

 

Bab VIII menguasai praktek tari Nusantara atau Mancanegara yang akan diaplikasikan kepada anak usia dini.

Bab IX membahas tentang tata cara model pembelajaran seni tari yang tepat bagi anak usia dini baik dari tari Nusantara atau tari Mancanegara.

Kurikulum

Pertemuan Ke-1
7 Pages
Pertemuan Ke-2
6 Pages
Pertemuan Ke-3
2 Pages
Pertemuan Ke-4
1 Pages
Pertemuan Ke-5
5 Pages
Pertemuan Ke-6
7 Pages
Pertemuan Ke-7
4 Pages
Pertemuan Ke-8
2 Pages
Pertemuan Ke-9
1 Pages
Pertemuan Ke-10
1 Pages
Pertemuan Ke-11
1 Pages
Pertemuan Ke-12
1 Pages
Pertemuan Ke-13
2 Pages
KETERANGAN MATA KULIAH
Kredit:
  • Kode Mata Kuliah: 4207622442
  • 16 Mahasiswa
  • Waktu: 100 menit
  • Jumlah Pertemuan: 13
  • Video: 0
  • Materi dapat diunduh
PENGENALAN
image description
BIDANG ILMU
  • Pendidikan Umum
  • Bimbingan dan Konseling
  • Pendidikan Masyarakat
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Profesi Keguruan
KATA KUNCI